jom baca

Friday, November 11, 2011

MITOS TENTANG MADU ASLI


Pengujian ini dilakukan untuk membuktikan tanggapan orang bahawa madu asli memiliki ciri-ciri tertentu, yang menjadi parameter sesebuah madu asli. Yang mana kalau disimpulkan padanya ada 8. Anggapan tersebut seperti berikut :
No
Anggapan
1.
Madu Asli tidak dikerumuni semut.
2.
Madu asli tidak tembus apabila dititiskan pada kertas surat khabar
3.
Mancis api tetap dapat menyala setelah dicelup madu asli.
4.
Rasa madu asli manis murni, tanpa ada rasa lain.
5.
Madu asli berwarna kuning tua.
6.
Madu asli akan mengkristal/masak bila dimasukkan dengan kuning telur
7.
Madu asli menyimpan gas atau udara
8
Madu asli tidak membeku bila dimasukkan dalam peti sejuk
.
 HASIL PENGUJIAN TERHADAP TANGGAPAN TERSEBUT

1. Anggapan pertama : Madu Asli Tidak Dikerumuni Semut.
Baik madu asli mahupun madu tidak asli sama-sama dikerumuni semut. Tetapi madu tidak asli yang dicampur dengan serbuk pahit ada kemungkinan tidak dimakan semut kerana unsur tersebut tidak disenangi semut sebagaimana madu asli yang makanan lebahnya dari hutan kayu yang pahit rasanya.

2. Anggapan kedua: Madu Asli Tidak Tembus Apabila Dititiskan pada Kertas Surat Khabar.
Tidak tembus apabila dititiskan pada kertas surat khabar tidak dapat dibuktikan secara mutlak merupakan ciri madu asli kerana madu asli yang agak cair boleh menembusi kertas tersebut walaupun sedikit saja (tingkat kepekatanyanya rendah).

3. Anggapan ketiga : Mancis Api Tetap Menyala Setelah Dicelup Madu Asli.
Bilah mancis api tetap  menyala setelah dicelupi madu asli sekalipun jarak waktu antara celupan (bilah mancis) dengan pembakaran agak lama . Tetapi madu tidak asli pada awal celupan mungkin masih dapat menyala namun setelah jarak waktu 1 jam atau lebih maka tidak mampu lagi untuk menyala.
Jadi kesimpulannya adalah apabila bilah mancis yang dicelup setelah berselang lebih dari 1 jam tapi masih dapat menyala bererti ianya madu asli. Namun jika berselang 1 jam atau lebih bilah mancis tidak dapat menyala maka boleh dipastikan madu campuran atau tidak asli.

4. Anggapan keempat : Madu Asli Berasa Manis
Kelima sampel madu asli memiliki rasa yang berbeza-beza, bergantung pada sumber makanan lebah atau nectar. Demikian pula madu tidak asli maka rasanya pun beraneka ragam sesuai dengan bahan campurnya.

5. Anggapan kelima : Madu Asli Berwarna Kuning Tua
Sebagaimana rasa madu asli , warnanya pun beragam sesuai dengan nectar atau sumber makanan yang dimakan lebah. Demikian pula warna madu tidak asli beragam warnanya sesuai dengan bahan yang diolah dan juga bahan campurnya.

6.Anggapan keenam Madu Asli Akan Mengkristal/Masak Jika Dicampur Kuning Telur
Semua sampel madu asli mengkristal berbiji-biji ketika dicampur dengan kuning telur. Madu tiruan tidak mengkristal sama sekali apabila dicampur kuning telur tetapi madu campuran juga boleh mengkristal.
Perlu anda ketahui bahwa pengkristalan kuning telur bukan jaminan madu asli karena madu campuranpun tetap mengkristal apabila dicampur dengan kuning telur.

7. Anggapan ketujuh : MAdu Asli Mengandung Gas (menggelembung pada botol plastik/bekas yang tertutup rapat.)
Dalam ujian kelima madu asli mahupun 4 dari 5 jenis madu campuran itu tetap mengelembung (mengandung gas) Dari sini dapat dilihat bahawa kandungan gas itu tidak dapat dijadikan penentu dalam menentukan madu asli karena madu tidak aslipun boleh mengandungi gas.
Dalam penyelidikannya Dra. Sri Amin Tarti dari Universiti Lambung Mangkurat menyatakan, gas yang terdapat pada madu itu boleh timbul kerana madu telah terfermentasi dengan mikrob penghasil gas.

8. Anggapan kelapan : Madu asli Tidak Akan Membeku Jika Disimpan Dalam Peti Ais.
Dari kelima sampel madu asli, empat sampel tidak membeku ketika disimpan dalam peti ais. Satu sampel yang lain sedikit membeku iaitu madu pohon aren /nira. Dan dari kelima sampel madu tidak asli maka semuanya membeku saat disimpan di peti sejuk.


D. KESIMPULAN
Dari pengujian terhadap lapan anggapan masyarakat umum terhadap keaslian madu maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

1. Tidak tembus ketika dititiskan pada kertas surat khabar; tidak dikerumuni semut ; rasa yang manis,; warna kuning tua; serta terdapatnya gas atau udara tidak dapat dijadikan alat untk mengukur kemurnian atau keaslian madu.
2. Madu dapat dikatakan asli bila belerang bilah mancis api tetap dapat menyala setelah dicelup madu trsebut, meskipun jarak waktu yang lama. Apabila mancis api dapat menyala dalam jarak waktu yang sebentar kemudian tidak menyala dalam jarakwaktu yang lama maka bloleh diragukan keaslian madu tersebut.
3. Madu asli akan mengkristal apabila dicampur dengan kuning telur. Namun pengkristalan bukan jaminan aslinya suatu madu. Beberapa madu palsu atau campuran pun tetap mengkristal saat dicampur dengan kuning telur.
4. Madu asli tidak akan membeku saat disimpan di peti ais.

Disadur dan diterjemah dari Buku “Jeli Memilih Madu” terbitan Adicita Karya Nusa tahun 2005 ditulis oleh : M Sadyi Masun.

No comments: